Jumat, 18 April 2008

BERBAGI BERSAMA SALIMAH DKI

Ahad, 20 Januari 2008 langit Jakarta begitu cerah. Sudah seminggu lebih cuaca cerah seperti ini setelah sebelumnya hujan turun tiada henti yang mengakibatkan banjir di berbagai sudut Jakarta. Cuaca cerah menandakan bahwa banjir sudah tidak terjadi lagi, tapi apa yang terjadi ketika kami sampai di Muara Baru Penjaringan Jakarta Utara, sinyal tersebut tidak berlaku disini. Air meggenangi jalan raya sampai setinggi lutut orang dewasa. Kondisi ini memang tiap hari terjadi di Muara Baru. Air laut yang pasang dan drainase yang tidak bagus membuat banjir daerah ini.

Hal inilah yang mengetuk pintu hati kami ( PW Salimah DKI Jakarta ) untuk mengadakan kegiatan aksi sosial dengan tema “ BERBAGI BERSAMA SALIMAH “. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meringankan beban warga yang ditimpa musibah dan menambah ukhuwah diantara umat Islam. Kegiatan ini kami pusatkan di RT 15 RW 17 Muara Baru Kelurahan Penjaringan, karena lokasinya yang terletak di pinggir pantai, yang secara langsung merasakan dampak banjir tsb.

Di RT 15 kami mengadakan pengobatan gratis, Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan lancar, masyarakat yang datang ke pengobatan gratis berjumlah 193 orang, penyakit yang dialami oleh masyarakat juga beraneka ragam, seperti batuk, pilek, demam dan gatal-gatal. Masyarakat yang berobat pun usianya bervariasi dari balita sampai lansia, bahkan ada kakek-kakek yang usianya 56 tahun datang dengan kondisi yang sudah lumayan parah.

Di lokasi yang bersebelahan dengan tempat kami mengadakan pengobatan gratis ternyata belum lama mengalami musibah kebakaran yaitu di RT 6 & 14, pakaian layak pakai yang awalnya akan kami berikan kepada korban banjir akhirnya kami alihkan ke korban kebakaran, kami pun dapat laporan dari Koordinator wilayah disana, bahwa anak-anak korban kebakaran tersebut sangat membutuhkan bantuan perlengkapan sekolah karena perlengkapan sekolah mereka habis terbakar.

Berdasarkan laporan tersebut maka kami melakukan meeting mendadak untuk membahas permohonan tersebut, dan Alhamdulillah dana yang ada masih dapat kami gunakan untuk membantu korban kebakaran. Akhirnya pada pekan berikutnya yaitu tanggal 27 Januari 2008 kami datang lagi ke wilayah RT 6 & 14 RW 17, Muara Baru Kel. Penjaringan untuk memberikan bingkisan perlengkapan sekolah untuk 20 anak , sesuai dengan laporan yang kami terima.

Alhamdulillah 3 kegiatan sosial tsb dapat kami lakukan, kami berharap semoga bantuan yang tidak seberapa itu, dapat meringankan beban saudara-saudara kita, semoga mereka juga dapat menerima cobaan ini dengan sabar, karena ALLAH telah berfirman bahwa” Dan sesungguhnya akan kami berikan cobaan kepadamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. “ Semoga kita semua termasuk orang-orang yang sabar dan semoga PW SALIMAH DKI Jakarta dapat lebih banyak berkiprah di masyarakat luas.. Amin. (team_ekesos _salimah).

2 komentar:

umi nada aisyah mengatakan...

Assalamualaikum,wrwb.. Saya terkesan sekali dengan kegiatan muamalah yang dilakukan salimah..Jazzakallah semoga kedepannya lebih bermanfaat lagi untuk umat.. gimana kalau ingin jadi anggota?

umi nada aisyah mengatakan...

Assalamualaikum..Saya merasa Kegiatan salimah sangat bermanfaat bagi anggotanya dan orang banyak. kalau salimah mau mengadakan acara, saya di undang ya.. kenapa kegiatan pelantikan pengurus salimah tgl 1 mei belum di posting?