Senin, 22 Desember 2008

LAUNCHING KOSSUMA PD SALIMAH JAKARTA TIMUR




Alhamdulillah, PW Salimah DKI Jakarta telah berhasil melaksanakan pelatihan sehari tentang manajemen koperasi syariah pada hari Sabtu, 7 Juni 2008 oleh Ibu Nur Tsabitah dan Bp. Muhtar, Ak, bertempat di Kossuma yang dikelola oleh Ibu Nur Tsabita sendiri. Acara ini dihadiri oleh Dept Ekonomi PW DKI dan perwakilan pengurus Dept Ekonomi dari PD Salimah se DKI.

Menindaklanjuti acara tersebut, maka pada hari Ahad, 13 Juli 2008, PD Salimah Jakarta Timur telah melaksanakan Launching Kossuma (Koperasi Syariah Serba Usaha Salimah) Jakarta Timur. Koperasi ini beranggotakan 20 orang pengurus dan anggota Salimah di wilayah Jakarta Timur, yang dibentuk dengan sistem tanggung renteng. Acara ini dilaksanakan di Grha Mahadhika Islamic Center, Jl. Bina Marga No. 04 Pintu Air Ceger Cipayung Jakarta Timur. Pada kesempatan tersebut, juga diselenggarakan seminar koperasi syariah yang terdiri dari tiga sessi, yaitu pengelolaan koperasi syari’ah oleh Bpk. Arrison Hendry, sistem tanggung renteng oleh Ibu Ani dari KOSSUMA DEPOK, serta aplikasi & sistem KOSSUMA JAKTIM.

Bpk. Drs. H. Arisson Hendry dari PT PNM (persero) selaku narasumber pada acara tersebut memberikan banyak pengetahuan sejarah perilaku sahabat Rasulullah SAW yang ternyata mencerminkan sifat-sifat koperasi sama seperti di masa koperasi saat ini. Sementara itu narasumber kedua yaitu ibu Hj. Anni Rosyidah dari KOSSUMA Depok yang memaparkan aplikasi teknis sistem tanggung renteng yang banyak sekali dirasakan manfaatnya bagi anggota terutama para ibu sebagai tulang punggung keluarga di masyarakat lapisan bawah.

Akhir acara seminar tersebut ditutup dengan pemilihan ketua, sekretaris dan bendahara anggota sebagai pengurus koperasi yang memiliki tanggung jawab memelihara amanah yang diberikan anggotanya untuk kesejahteraan bersama.

Menyusul PD Jakarta Timur, pada hari Selasa, 22 Juli 2008 PD Salimah Jakarta Selatan juga menyelenggarakan launching Kossuma untuk wilayah Jakarta Selatan. Acara ini diselengggarakan di sekretariat PW Salimah DKI, Jl. Bangka, Pela Mampang Jakarta Selatan.

Dengan adanya dua buah kossuma yang sudah berhasil dibentuk di wilayah DKI Jakarta, diharapkan akan makin meningkatkan kualitas dan pemberdayaan muslimah dalam bidang perekonomian dan kesejahteraan keluarga. Terbentuknya dua kossuma ini juga diharapkan akan memacu tumbuhnya kossuma-kossuma lain di wilayah DKI lainnya, juga di seluruh Indonesia.

Tidak ada komentar: